Oleh: early | November 21, 2009

TBC tulang

Menyeramkan yah mendengar atau membaca juduLnya?? yahh memang, gw bahkan menangis dan hampir mengeluarkan air mata ketika mendengar kata2 itu. tp krN gw adalah tipe orang yg ga ingiN ketauan org lain bersedih, jd lah gw ga mengeluarkan airmata ketika pertama kali mendengarnya.

kejadian ini terjadi beberapa bulan silam, tepatnya beberapa minggu sebelum puasa. udah lama yaa??? sebenernya c gw pgN cerita  dari saat itu. tp dikarenakan kompi yang menemani gw menulis sedang rusak krN telah terlalu sering dipergunakan untuk mengetik berbagai hal diblog dan di alamat dunia maya lainnya.selain itu gw jg belum siap untuk memberityahukannya kpd syp pun…(bahkan sampe saat ini cm satu org teman yang mengetahuinya) maaf bkN gw ga percaya tp yahh inilah gw, bukan org yang ingiN merepotkan org lain. atau mungkiN gw takuT dijauhi? enggaklah gw bukan tipe org yg seperti itu, syp puN itu, bisa bebas berteman atau puN memusuhi gw,

TBC tulang itu ada ya???

mungkiN itu pertanyaan yang terlontar ketika mendengar kata2 itu. jawabannya yah ada, dan gw ngeliaT dgN mata kepala gw sendiri,mendengar dgN telinga gw sendiri ternyata TBC itu ga hanya menyerang paru, tapi jg tulang, dan bahkan otak.

Apakah menular

TBC, selain TB paru itu tidak menular, TB tulang jg tidak pernah menimbulkan kematian, hanya (auzubillahimindzalik) membuat lumpuh, tergantung pada bagian mana yang diserang..

yah contohnya c ga usah jauh2 ya, saya si penulis blog ternyata alhamdullilah sampai detik ini msH bisa berlarian melompat kesana kesini mengejar kereta api menuju kampus yang jauh sekali itu…hehehe,, selama gw msH bs berbuat seperti itu, berarti gw msH baik2 saja kan??

jadi ga usah takuT yahhh klo puN nular, pasti gw duluaN kok yg kena dan pd saat itu, kaliaN boleh saja menjauh dari gw… :)

Asal TB Tulang

virus TB tulang itu, berkembang dari virus TB paru, ketika seseorang yang mengidap penyakit TB paru menularkan virus TBnya keorang lain, virus tersebut akan menelusur bagian mana yang lemah dari si orang yang tertular, memang pertama2 virus tsb akan memeriksa bagian paru namun apabila paru2 org itu kuat, virus tidak akan bisa berkembang sehingga sang virus akan berpidah ketempat lain dan dalam kasus gw ini, ya ternyata tulang yang diserang krN kemungkinan tulang tsb memang tdk sekuat paru2.

jadi siapa c sebenernya yang sakit? toh ternyata yg nulis blog dikalimat2 diatas menuliskan bahwa penulis msH bisa berlarian kesana kesini.

yang sakit itu nyokap gw. ketika mendengar nyokap divonis penyakit itu, gw rasanya mau marah, amat sangat ingin marah. loh kenapa? terus mau marah kesiapa? msH ingetkan penjelasan tentang menyebarnya virus?? iyah ternyata virus itu memang tersebar dari seorang yg mengidap penyakit TBC Paru. kebetulan salah seorang sdr gw yang merupakan perokok yang sangat aktif itu, menjadi perantara utama tersebarnya virus sehingga membuat nyokap gw menderita penyakit itu.

pertamanya nyokap gw divonis kena tipes yang kemudian lama kelamaan penyakit itu, membuat tulang belakangnya terasa sakit, terlebih ketika banguN tidur. untuk kedua kalinya, nyokp meriksain dirinya kedokter umum deket rumah, tp kata dokter kemungkinan hanya saraf kejepit dan nanti juga sembuh tp dokter ga berani ngasih obat krN tipes yang diderita nyokap,. karena udah ga tahan lagi, sekitar sebulan lah kurang lebih akhirnya nyokp memutusnkan untuk pergi kerumah sakit dan melakukan perontgenan tulangnya. kebetulan ketika hasiL rontgen diterima, msh ada sdr gw yang merupakan seorang dokter bedah jantung dan juga kakanya dokter ahli paru yang pastinya mengerti banyak tentang gambar rontgenan yang sudah ada ditangan itu. sbelum dokter lain memvonis penyakit nyokp, pd detik itu juga sdr gw memvonis duluan bahwa nyokp terkena penyakit TB paru. apakah ada cara lain selain operasi? enggak ada. akhirnya atas banyak pertimbangan, ats banyak desakan, nyokp pun mulai mendatangi rumah sakit yang memiliki dokter orthopedi terbaik di Indonesia “RS Fatmawati” dokter disanapun, mendesak untuk melakukan operasi krN kalo tidak, dapat dipastikan nyokp akan lumpuh.

yap operasipun telah mendekati harinya. dan baru tahun ini, gw merasakan saur dan buka puasa sendirian dirumah, belum lagi nyari makanan kesana sini krN gw jg hrs kuliah dan menengok sebentar kerumah skT krn sebelum nykp dioperasi, dia harus nginep dulu kira2 3harian lah untuk mengetahui perkembangannya. banyak hal terjadi ketika menghadapi operasi dari operasinya yang ditunda krN alat2 yang belum sampai ketika dipesan, sehingga pd saat nyokp udah bersiap2 untuk nginep di RS, kita hrs kembali pulang gra2 operasi pd hr jumat di cancel. yah ada hikmahnya jg c, secara hari jumat gT, emang dokternya ga sholat jumat apa? terus hr sabtunya yang ada cM dokter piket doang so syp yg mau meriksa??

akhirnya hr rabu wkt pertama kali ngedatengiN RS untk nganterin nyokp nginep, keluarga puN + nyokp tentunya pulang lagi kerumah…hahha….aneH bgT dahhH. . beberapa hari berikutnya, hari senin klo ga salah bertepatan dgN tugas gw sbg Mentor PA untuk 2009 gw merelakan ga ikut menganter nyokp ke RS demi nganterin 2009 ketemu sM PA mereka,org2 yang baru gw kenaL, orang2 yang bahkan sampai detik ini blm bisa gw kenal dgN deket, tp gara2 gw adalah org yg bertanggung jawab dgN tugas gw, akhirnya gw hrs ttp menjadi seorang yg profesional. gw ga bs nganterin nyokp ke RS itu sebabnya mengapa gw sampe telat dateng kekampus. ( ya sudahlah gw curhat gT sebenernya betapa gw care sgT kpd 2009 tp sayang ga da balesannya dari mereka, walau ga ngarep jg c gw). hari yang ditunggupun tiba bertapatan dgN hari ketika terjadiya gempa tasik, nyokppun dioperasi dan pd saat gempa terjadi, nyokp msH berada dikamar operasi. dari jam 12 nyokp mulai memasuki kamar operasi dan baru keluar ketika isha….wew lama bgT kan…(tp sayang gw ngampus jd gw lagi2 ga ngaterin nyokp msK kamar operasi dan gw mata sangat ketakuatn mengingat betapa kencangnya guncangan gempa yang dirasakan. tp gw dari jam 4tan udah kembali kerumah sakit lagi ketika gempa selesai gerguncang, gw secapat kilat menebeng mobil salah seorang tmn menuju fatmawati. sampe nyokp keluar dari kamar operasi dan msK keruang ICU, gw ada dideketnya). setengah sadar, dgN mukanya yang terlihat kesakitan, gwpun sekakan merasakan kesakitan itu. nyokp yang selama ini ngerawat gw disaat gw skT, sekarang harus berada ditempat tidur merasakan kesakitan yang luar biasa. perlu diketahui, Operasi tulang belakang merupakan operasi terbesar kedua setelah jantung.

tp alhamdullilah semua berjalan lancar, walau gempa menemani dalam proses operasi. sampai hari ini udah hampir dua bulan dilalui, syukur kehadirat-Nya nyokp msH bisa beraktivitas walaupun terbatas dan menggunakan alat dipunggungnya yg biasa gw sebut dgN pelana kuda…hahaha…. masih sakit memang tp setidaknya itu bukan sakit penyakit melainkan sakit meuju kesembuhan…

semoga berangsur2 nyokap akan kembali seperti semula lagi…AMIEN…!!!!!!

dari sejak itu gw semakin kesal dengan orang2 yang merokok dasaR pembawa penyakit.

I HATE CIGARETTE….!!!!!!!!

msh Ga percaya klo TB tulang ga nular??? nih baca aja sumbernyaaa………

Sumber : http://medisdankomputer.co.cc/?p=393

http://www.masrafa.org/2008/09/03/tbc-tulang/

About these ads

Responses

  1. berarti klw TBC paru itu menular ya? ;) thx

    • klo paru c udah pasti nular sist….
      kaN TBC tulang jg awalnya dari virus paru tp krN parunya kuat, makanya dia nyari ke bagiaN tubuH lain yg bisa dirusak…..

  2. i’ve got it too… dan nyatanya orang serumah juga nggak ketularan tuh… :D gimana keadaan ibu??

    • waah iyaa mbak betul sampai skrng aku sering jatoh tp msh bs tegak kembali, hehe, cuma kan ya klo org yg ga tau pasti nyangkanya nular.
      udh satu tahun ternyata, alhamdulilah walau udh ga sempurna lg, tp ibuku msh ttp bs melakukan semuanya sendiri, semoga seterusnya akan jauh lebih membaik..

      mbak sendiri gmn?

  3. salam, hi, bapa saya juga mengidap tb tulang awal tahun ini, dia masih tak boleh berjalan, still makan ubat tb untuk 6 bulan. kalau boleh anda berkongsi pengalaman menjaga parent kamu dengan saya, kerana saya terlalu bingung dengan bapa saya yang sudah hilang semangat untuk hidup, adakah parent kamu juga jadi seperti ini???

    • hai juga
      wahh mungkin tb nya yg udh parah kali yaa, iyahh semoga bs kembali beraktivitas seperti bys dan ttp dukung terus you’r father okay, :)

  4. owh…maksudnya parent kamu tidak separah bapa saya. bagaimana keadaan parent kamu sekarang…? dan bagaimana keadaan dia waktu awal dijangkiti tb tulang ini?

    • ya bisa iya bisa enggak, kurang tau juga si, ehehe…klo nyokp tuh dipasangin pen gt utk nyambung tulangnya, ya bbrp hr operasi jg udh boleh jalan,,
      tergantung kali ya kena dimana, emang bapamu kena ditulang apa mas??kaki kali ya,??

      wkt awal siih tulang punggungnya skt gt, terus keliatan agak melengkung, klo sekarang msh skt siih ya kan udh ga sempurna lg yg didalemnya, tp syukur msh bs beraktifitas walau ga seberrat dulu :)

  5. kena ditulang belakang, L2 until L4, sakit dipinggang sampai tak boleh jalan kerana kakinya terasa kebas.

    • ohhh hampir sama sepertinya, mungkin terlambat di tangani kali ya?? soalnya kata dokter, klo ibu ku telat juga akan ngeganggu kesaraf yg menyebabkan lumpuh, makanya deh pas tau langsung sesegera mungkin dioperasi…
      tp klo bapakmu gmn mas, bs kmbali jalankah kedepannya?

  6. kalau ayah saya, untuk kesan tb tulang makan masa hampir 2 bulan baru tahu terkena tb tulang. kemudian, sekarang masih diberi ubat tb selama 6 bulan. insyaALLAH, mungkin boleh jalan kembali. kakinya masih boleh bergerak tapi tak ada kekuatan lagi kerana pinggangnya masih sakit.

  7. assalamu’alaikum wr wb. tulisan anda sangat menyadarkan saya. anak saya berusia 2 tahun terkena TB paru,sudah 5 bln berobat tapi belum sembuh. semua karena kurangnya pengetahuan saya tentang TB.tolong dong kasih saya saran bagaimana cara tepat merawat anak saya ini selain pengobatan medis.terimakasih. wassalam

    • ibu maaf, saya jg kurang tahu gmn caranya menyembuhkan Tb paru klo selain dgn cara medis, krn memang itu salah satu penyakit yg berbahaya jg, sampai saat ini sih memang hanya penyembuhan dgn cara medis yg tersedia. setau saya juga utk sembuh dibutuhkan waktu lebih dr 5 bln. klo ga salah 6bulan sampai satu tahun msh harus minum obat, dan obatnya jg jgn sampai kelewat diminum, krn klo lupa satu kali aja, hrs mulai lg minum dr awal. jd klo udh 5 bulan minum kemudian lupa sehari aja, minum obat berikutnya diitung lg ke kali pertama..

      untuk tbc tulang saja dibutuhkan obat utk paru2nya sampai 6bulan bu, jd mungkin utk tb parunya bisa lebih dr 6bln.

  8. saya minah yasmina.
    mamah saya juga mengidap penyakit tersebut dan sekarang belum diobati. rasanya ingin marah dan nangis terus.

    • Sebisa mungkin, hrs segera diobati..krn kalau berlama2, nanti jd lbh parah. Semoga segera sembuh y mamahnya :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: